Semua Tentang Past Continuous Tense

A. Pengertian Past Continuous Tense
Past continuous tense juga dikenal dengan istilah past progressive tense. Tense ini digunakan untuk menggambarkan suatu pekerjaan atau aktivitas yang sedang terjadi pada masa lalu.


B. Rumus



Bentuk
RUMUS
CONTOH
+
Verbal
S + was/were + Verb-ing
She was reading a book when I come
Nominal
S + was/were + nominal
When I was child, I was so handsome
Verbal
S + was/were + not + Verb-ing
I was not sleeping at seven o’clock yesterday
Nominal
S + was/were + not + nominal
Meeting president was not in my schedule
?
Verbal
Was/were + S + Verb-ing
Were you hiking with your friends last week?
Nominal
Was/were + S + Verb-ing
Were you alone now?
C. Penggunaan Past Continuous Tense

1.    Menunjukkan pekerjaan yang sedang terjadi pada masa lampau.
Contoh:
a.    I am sorry Jane, yesterday I could not help you because I was washing my car. (Maaf Jane, aku tidak bisa menolongmu kemarin, soalnya aku lagi nyuci mobilku).
b.    She was crying in my shoulder so I could not go any where. (Dia menangis di pundakku jadi aku tidak bisa pergi kemana-mana)

2.    Menunjukkan dua buah aktifitas yang sedang terjadi bersama-sama di masa lampau.
Contoh:
a.    The fire was burning my house when my mother was cooking last night. (Ayahku sedang mandi ketika mamaku sedang masak kemarin malam)
b.    John was operating his computer when I was watching a movie. (John sedang mengoperasikan komputer ketika aku sedang nonton film)

D. Keterangan Waktu Dalam Past Continuous Tense
Keterangan waktu yang digunakan sama dengan past tense, yaitu mengandung last + time atau time + ago.

E. Contoh Kalimat Past Continuous.
Contoh Part I
  1. I was there when you was delivering your speech on the stage. (Aku ada di sana ketika kamu sedang menyampaikan sambutan di atas panggung).
  2. Julie was cooking in the kitchen while I was watching a television yesterday morning. (Julie sedang memasak di dapur ketika aku sedang menonton tv kemarin pagi).
  3. Was Thidarat climbing the peak of Rinjani mountain when I was sleeping in my tend last week? (apakah Thidarat sedang mendaki puncak gunung Rinjani ketika aku sedang tidur di dalam tenda?).
  4. The rain was pouring heavy when I arrived at home this morning. (Hujan sedang turun dengan derasnya ketika aku sampai di rumah pagi ini).
  5. I am sorry I didn’t know that you knocked at my door yesterday because I was listening to the music. Maaf, saya tidak mendengar kamu mengetuk pintu kemarin karena aku sedang mendengarkan musik).
  6. She was reading a book while the library was closed. (Dia sedang membaca buku ketika perpustakaan ditutup).
  7. That building was being built last year when I passed last year, but now it’s already broken down. (Bangunan itu sedang dibangun waktu aku lewat tahun lalu tapi sekarang sudah dirobohkan).
  8. Are you the one who called when I was walking around with my girl friend in the mall yesterday? (apakah kamu orangnya yang manggil saya waktu saya lagi jalan sama pacar saya di mall kemarin?).
  9. Were you dancing with my girl friend when I went to toilet? (apakah kamu sedang berdansa dengan pacarku ketika aku pergi ke toilet).
  10. The music was playing when I left that bar last night. (musik itu masih bermain ketika aku meninggalkan bar kemarin malam).
Contoh II
Bentuk Verbal:
  1. I was sleeping when the car crashed my home last night. (aku sedang tidur ketika mobil itu menabrak rumahku kemarin malam).
  2. Judika and Aliya were singing together in a TV show at 9 o’clock last night. (Judika dan Aliya sedang bernyanyi bersama di sebuah pertunjukan TV pada jam 9 kemarin malam).
  3. The rain was pouring heavy when I arrived at home this morning. (Hujan sedang turun dengan derasnya ketika aku sampai di rumah pagi ini)
  4. I am sorry I didn’t know that you knocked at my door yesterday because I was listening to the music. (maaf, saya tidak mendengar kamu mengetuk pintu kemarin karena aku sedang mendengarkan musik)
  5. She was reading a book while the library was closed. (dia sedang membaca buku ketika perpustakaan ditutup)
  6. That building was being built last year when I passed last year, but now it’s already broken down (bangunan itu sedang dibangun waktu aku lewat tahun lalu tapi sekarang sudah dirobohkan)
  7. The music stopped when the dancers were dancing on the stage (musik berhenti ketika para penari sedang menari di atas panggung).
  8. While I was writing the email, the computer suddenly went off (ketika aku sedang menulis email, tiba-tiba komputer mati)
  9. The passengers were screaming when the pilot reported that the plane got a trouble with its wings. (Penumpang menjerit ketika pilot mengabarkan bahwa sayap pesawat bermasalah).
  10. Ahmad Fathonah was caught by KPK when he was sleeping with a young girl in a hotel several weeks ago. (Ahmad Fathonah ditangkap KPK ketika sedang tidur bersama dengan wanita muda di sebuah hotel beberapa minggu yang lalu).
Bentuk Nominal: 
  1. She was the girl I ever talked about. (Dia cewek yang pernah aku ceritakan).
  2. I was here waiting for you all day yesterday. (Aku di sini seharian menunggumu kemarin).
  3. This house were mine, but I sold it last year. (rumah ini dulunya punyaku, tapi aku sudah menjualnya tahun lalu).
  4. Your car was in garage when you were looking for it. (Mobilmu ada di garasi ketika kamu mencarinya).
  5. John was a very nice person, but he already changed. (John dulu adalah orang yang sangat menyenangkan, tapi dia sudah berubah).
  6. This car was very fast when I was a child. (mobil ini dulu sangat kencang ketika aku masih kecil).
  7. The color of this hotel was dark. (warna hotel ini dulu gelap).
  8. You were so cute when you were a baby. (Kamu dulu sangat lucu ketika masih bayi).
  9. My job was a policeman, but then I retired. (Pekerjaanku dulu adalah polisi, tapi kemudian aku berhenti).
  10. Dewi Persik was the wife of Aldi Taher. (Dewi persik dulu adalah isteri Aldi Taher).
F.    Exercise
Choose the Correct answer for the questions below.!
1. My children ................ football when I arrived at home
a.    were played
b.    is playing
c.    were playing
d.    played
e.    was playing

2. When his wife woke him up, he ................ a nice dream
a.    was having
b.    were having
c.    is having
d.    had
e.    have

3. ............................... when her father left the house this morning
a.    She is washing clothes
b.    She was washing clothes
c.    she washes clothes
d.    she wash clothes
e.    she will wash clothes

4. When I did my homework, my younger brothers ................ English
a.    were studying
b.    were studied
c.    was studying
d.    is studying
e.    are studying

5. I was ................ a car when the accident suddenly happen
a.    drove
b.    driven
c.    drive
d.    driving
e.    to drive

6. When Clara ................ visiting Bali, she met a famous pop singer there
a.    does
b.    were
c.    are
d.    is
e.    was

7. Mr. Oscar was ................ a cup of tea when i saw him yesterday
a.    drank
b.    drunk
c.    drinking
d.    drinks
e.    drink

8. When our father came back from his office, ...............................
a.    We were watching TV
b.    We are watching TV
c.    We watch TV
d.    We will watch TV
e.    We shall watch TV

9. Cindy was ................ an article when her baby boy cried
a.    written
b.    writing
c.    wrote
d.    writes
e.    write

10. When Paul ................ a newspaper, he found an interesting story on it
a.    is reading
b.    read
c.    reads
d.    will be reading
e.    was reading

Part II
Terjemahkan kalimat soal past contiuous tense ini kedalam bahasa inggris
1. Rudi sedang belajar semalam ketika neneknya menelponnya.
2. Rendi dan Yani sedang membersihkan kamarnya ketika bibinya datang kemarin.
3, Saya sedang menyiapkan makanan untuk Rafa ketika tukang post datang tadi pagi.
4. Mereka sedang bermain sepak bola ketika kepala sekolah datang ke kelas mereka minggu lalu.
5. Ibu sedang memasak ketika telpon berbunyi jam 8 tadi pagi.

References:
http://inggrisonline.com
http://graminggris.blogspot.co.id
http://www.belajaringgris.net

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di ENGLISH ASSISTANT

Related Posts: