Pamphlet (Defenisi, Contoh, Soal Latihan lengkap)

Defenition

A pamphlet is an unbound booklet (that is, without a hardcover or binding). It may consist of a single sheet of paper that is printed on both sides and folded in half, in thirds, or in fourths, or it may consist of a few pages that are folded in half and saddle_stapled at the crease to make a simple book.

The characteristic of pamphlet

There are more detail about the information
Usually it made from a piece of paper
It shows the message about something completely. 

Example of pamphlet:

http://www.4mca.com/images/P/2066.jpg                  https://www.noodletools.com/_images_add/noodlebib/citations/is_images/pamphlet/pamphlet_3.jpg



Pengertian Pamflet


Pamflet adalah sebuah tulisan yang berisi tentang suatu informasi yang terdiri dari tulisan termasuk gambar didalamnya yang umumnya dibuat pada selebaran dan tidak dijilid atau dibukukan.

Didalam pamflet sendiri penggunaan gambar tidak wajib disertakan, gambar hanya dijadikan tambahan untuk lebih menarik minat orang-orang dengan pamflet yang diberikan.

Pamflet umumnya digunakan sebagai media promosi bagi beberapa perusahaan untuk memperkenalkan produknya ke masyarakat. Banyak yang menggunakannya sebagai sarana promosi karena selain menghemat pengeluaran juga mudah dibuat, hanya memerlukan keterampilan berbahasa yang baik serta menarik.

Tujuan dari pamflet sendiri berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya, tergantung pamflet jenis apa yang dibuat. Misalnya Pamflet tentang promosi, maka memiliki tujuan untuk memberikan informasi mengenaiproduk, berbeda dengan pamflet tentang agama, biasanya berisi tentang ilmu-ilmu agam.

Ciri-Ciri Pamflet

Pamflet memiliki beberapa ciri yaitu sebagai berikut:
Menggunakan bahasa yang singkat, padat dan jelas
Bersifat persuasif, artinya berisi ajakan untuk membeli produk atau mentaati sesuaut
Ditulis dengan jelas supaya mudah dibaca
Hal-hal yang disampaikan biasanya mengenai hal-hal baru atau terupdate.
Nah itu dia ciri-ciri pamflet, selanjutnya kita lihat pembagian pamflet itu sendiri.

Jenis-Jenis Pamflet dan Contohnya

Pamflet Politik, berisi mengenai hal-hal yang berbau politik seperti ajakan untuk memilih calon-calon pemimpin dan lainnya.
Pamflet Pendidikan, berisi tentang informasi-informasi yang berhubungan dengan dunia pendidikan seperti contohnya acara seminar, lomba-lomba akademik dan lainnya.
Pamflet Niaga, berisi mengenai informasi mengenai produk-produk, disertai dengan kalimat ajakan untuk membeli produk tersebut.
Pamflet kegiatan, berisi tentang berbagai acara atau kegiatan seperti misalnya seminar, pentas seni dan lainnya.

References

G+

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di ENGLISH ASSISTANT

Related Posts:

3 comments

This comment has been removed by the author.

Do this hack to drop 2lb of fat in 8 hours

More than 160000 women and men are trying a easy and SECRET "water hack" to lose 1-2lbs each night in their sleep.

It's scientific and it works with anybody.

Here are the easy steps for this hack:

1) Hold a clear glass and fill it half the way

2) And then use this strange hack

you'll become 1-2lbs skinnier the very next day!